RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(1)
SMP : SMP Negeri 3 PADANG
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : VII /I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal Perangkat Teknologi Informasi
dan Komunikasi Dan Prospeknya Di Masa Mendatang
Kompetensi Dasar : 1.1.
Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi .
Indikator : 1.1.1 Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi
dan komunikasi di berbagai bidang
1.1.2
Menyebutkan
peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
1.1.3 Menjelaskan
fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi waktu
: 4 x 40'
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
•
mengidentifikasi peralatan teknologi informasi
dan komunikasi di bidang telekomunikasi
• mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang informasi
• menjelaskan
fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
• menjelaskan fungsi berbagai peralatan
teknologi informasi di bidang informasi
- Materi Pembelajaran
• Pengertian
dan manfaat TIK
• Peralatan TIK yang mengunakan sistem
jaringan komunikasi
• Peralatan TIK yang menggunakan sistem
satelit
- Metode Pembelajaran
1.
Diskusi
2.
Ceramah
3.
Tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
•
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa
hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan
komunikasi
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan inti
•
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
•
Mengamati
peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di laboratorium komputer,
sekolah dan sekitarnya
•
Mencari
informasi di media cetak tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
3.
Kegiatan Penutup
•
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
•
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran
perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
•
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa
hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan
komunikasi
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
1.
Kegiatan inti
• Guru menanyakan berbagai macam peralatan
TIK yang diketahui siswa
• Mengamati peralatan teknologi informasi
dan komunikasi yang ada di laboratorium komputer, sekolah dan sekitarnya
• Mencari informasi di media cetak
tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
2.
Kegiatan Penutup
·
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
·
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran
perangkat teknologi informasi dan komunikasi
- Sumber Belajar
Perangkat TIK, buku paket.
- Penilaian
§
Teknik :
Tes tertulis
§
Bentuk Instrumen :
Uraian
§
Soal uraian
• Sebutkanlah 3 contoh peralatan teknologi
informasi dan komunikasi !
• Sebutkanlah 3 fungsi komputer !
Diskusi :
”Untuk dapat saling mengirim dan menerima informasi, kalian memerlukan
peralatan komunikasi. Dalam hal ini kalian menggunakan telepon, nah sekarang
diskusikanlah beberapa hal:
1.
Selain
telepon, dapatkah kalian menyebutkan contoh peralatan komunikasi yang lain?
2.
Apakah
di daerah tempat tinggal kalian ada peralatan komunikasi yang umum dipakai oleh
warga setempat?
3.
Apakah
bunyi-bunyian seperti: lonceng, kentongan, klakson dapat digolongkan sebagai
peralatan komunikasi?
Kalian dapat mendiskusikannya berdasarkan pengamatan kalian di daerah
masing-masing.
Lembar uraian
No
|
Instrumen
|
Skala skor
|
Nilai =
(Jumlah/6)x100
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menyebutkan 3
peralatan teknologi informasi dan telekomunikasi.
|
||||
2
|
Menyebutkan 3 fungsi
komputer
|
Kriteria
Penskoran :
Kriteria
|
Skor
|
Jika menunjukkan 3 atau lebih
|
3
|
Jika menunjukkan 2
|
2
|
Jika menunjukkan 1
|
1
|
Jika menunjukkan 0
|
0
|
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP Negeri
3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(2)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal Perangkat Teknologi Informasi
dan Komunikasi
Dan Prospeknya Di Masa Mendatang
Kompetensi Dasar : 1.2.
Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
dari masa lalu sampai sekarang
Indikator : 1.2.1 Menjelaskan
teknologi awal yang pernah digunakan manusia
untuk komunikasi
1.2.2
Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi
informasi dan komunikasi
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Menjelaskan teknologi awal yang pernah digunakan manusia untuk komunikasi.
•
Menjelaskan
perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
•
Mendiskripsikan
perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
- Materi Pembelajaran
Peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
•
Teknologi awal yang pernah digunakan manusia untuk komunikasi.
•
Perkembangan
sejarah teknologi informasi dan komunikasi
•
Perkembangan
perangkat teknologi informasi dan komunikasi
- Metode Pembelajaran
1.
Ceramah 3. Diskusi
2. Tanya Jawab 4. Demonstrasi
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
- Kegiatan Pendahuluan
•
Memberi
motivasi kepada peserta didik agar selalu mengikuti perkembangan perangkat
teknologi informasi dan komunikasi
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
·
Peserta didik mengamati perkembangan sejarah
teknologi informasi dan komunikasi yang ada di labor komputer dan sekitarnya
·
Peserta
didik melakukan studi pustaka untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi
·
Masing
– masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan
3. Kegiatan
Penutup
• Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik
kesimpulan tentang sejarah perkembangan perangkat teknologi informasi dan
komunikasi
- Sumber Belajar
Perangkat TIK, buku paket.
- Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal
uraian
•
Jelaskan penemuan yang terkait dengan perangkat
teknologi dan komunikasi !
•
Deskripsikanlah fungsi peralatan
teknologi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
•
Berikan contoh perkembangan TIK di
lingkunganmu !
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(3)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal Perangkat Teknologi Informasi
dan Komunikasi
Dan Prospeknya Di Masa Mendatang
Kompetensi Dasar : 1.3.
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan
komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : 1.3.1 Menyebutkan
peran teknologi informasi dan komunikasi
di berbagai bidang dalam kehidupan
1.3.2
Menjelaskan peranan
teknologi informasi dan komunikasi di dalam
kehidupan sehari-hari
1.3.3
Menjelaskan dampak
teknologi komunikasi terhadap masyarakat
Alokasi waktu
: 2 x 40
A.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan
sehari-hari.
•
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai
bidang
•
Menjelaskan
dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap masyarakat
B.
Materi Pembelajaran
Peran
teknologi informasi dan komunikasi
•
Peranan teknologi informasi dan komunikasi
•
Dampak
teknologi informasi dan komunikasi terhadap masyarakat
C.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah 3. Diskusi
2. Tanya Jawab 4. Demonstrasi
Pendekatan Model CTL dan life
skill
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1) Kegiatan Pendahuluan
•
Menanyakan
kepada peserta didik peran teknologi informasi dan komunikasi
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
·
Peserta didik mengamati peran teknologi
informasi dan komunikasi di lingungan
sekitar
·
Peserta
didik melakukan studi pustaka untuk mengetahui peran teknologi informasi dan komunikasi
·
Masing
– masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan
3. Kegiatan
Penutup
•
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
•
Menarik kesimpulan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi
E.
Sumber Belajar
Perangkat TIK, buku paket.
F.
Penilaian
1) Teknik
Tes tertulis
2) Bentuk Instrumen
Uraian
3) Soal
/ Instrumen
•
Sebutkan 3 peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan !
•
Jelaskan 3 keuntungan penggunaan peralatan teknologi informasi dan
komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari !
4)
Lembar uraian
No
|
Instrumen
|
Skala skor
|
Nilai =
(Jumlah/6)x100
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menyebutkan 3
peran TIK dalam kehidupan.
|
||||
2
|
Menjelaskan 3 keuntungan
penggunaan peralatan TIK dalam kehidupan sehari-hari
|
Kriteria
Penskoran :
Kriteria
|
Skor
|
Jika menunjukkan 3 atau lebih
|
3
|
Jika menunjukkan 2
|
2
|
Jika menunjukkan 1
|
1
|
Jika menunjukkan 0
|
0
|
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(4)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal Perangkat Teknologi Informasi
dan Komunikasi
Dan Prospeknya Di Masa Mendatang
Kompetensi Dasar : 1.2
Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
dari masa lalu sampai sekarang
Indikator : 1.2.3 Mendeskripsikan
perkembangan per angkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsi
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Menjelaskan berbagai jenis komputer dan penggunaannya
•
Mendeskripsikan
perkembangan komputer berdasarkan generasi komputer
•
Menjelaskan
karakteristik komputer berdasarkan generasi komputer
- Materi Pembelajaran
Peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
•
Jenis-jenis komputer dan penggunaannya
•
Generasi
komputer
- Metode Pembelajaran
1.
Ceramah 3. Diskusi
2. Tanya Jawab 4. Demonstrasi
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Menanyakan
kepada peserta didik tentang jenis-jenis komputer yang diketahui
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2 . Kegiatan inti
·
Peserta
didik menyebutkan jenis-jenis komputer yang diketahui
·
Peserta didik membedakan komputer berdasarkan penggunaannya
·
Peserta
didik membedakan karakteristik komputer berdasarkan generasi komputer
3.
Kegiatan Penutup
•
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
•
Menarik kesimpulan tentang jenis-jenis komputer
dan generasi komputer
- Sumber Belajar
Perangkat TIK, buku paket.
F. Penilaian
1.
Teknik : Tes tertulis
2.
Bentuk
Instrumen : Uraian
3.
Soal
uraian
•
Jelaskanlah pengaruh transistor pada
perkembangan komputer !
•
Jelaskanlah ciri-ciri komputer
generasi I !
•
Jelaskanlah kelebihan UNIVAC
dibandingkan dengan ENIAC !
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(5)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal Perangkat Teknologi Informasi
dan Komunikasi
Dan Prospeknya Di Masa Mendatang
Kompetensi Dasar : 1.4
Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator : 1.4.1
Mengidentifikasi berbagai keuntungan
penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
1.4.2
Mengidentifikasi
berbagai keuntungan penggunaan produk teknologi
informasi dan komunikasi
1.4.3
Menjelaskan dampak
teknologi informasi dan komunikasi terhadap masyarakat
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Menjelaskan
dampak positif teknologi informasi dan
komunikasi di bidang pendidikan
•
Menjelaskan
dampak positif teknologi informasi dan
komunikasi di bidang ekonomi dan bisnis
•
Menjelaskan
dampak positif teknologi informasi dan
komunikasi di bidang pemerintahan
- Materi Pembelajaran
Dampak
teknologi informasi dan komunikasi
•
Peranan
teknologi informasi dan komunikasi
•
Dampak
positif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
- Metode Pembelajaran
1.
Ceramah 3. Diskusi
2. Tanya Jawab 4. Demonstrasi
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
•
Menanyakan
kepada peserta didik tentang dampak positif penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan inti
·
Peserta
didik menyebutkan keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Peserta
didik menyebutkan keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
dalam bidang pendidikan.
·
Peserta
didik menyebutkan keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
dalam bidang ekonomi dan bisnis.
·
Peserta
didik menyebutkan keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
dalam bidang pemerintahan
3.
Kegiatan Penutup
•
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
•
Menarik kesimpulan tentang dampak positif
penggunaan teknologi informasi dan komuniksi
- Sumber Belajar
Perangkat TIK, buku paket.
- Penilaian
1. Teknik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal uraian
•
Jelaskan 4 keuntungan penggunaan
perangkat teknologi informasi dan komunikasi
dalam kehidupan sehari-hari !
•
Jelaskan 4 keuntungan penggunaan
produk dari teknologi informasi dan komunikasi !
•
Jelaskan 4 keuntungan teknologi
informasi dan komunikasi terhadap pengembangan pendidikan masa depan !
Lembar
Uraian:
No
|
Instrumen
|
Skala skor
|
Nilai =
(Jumlah/10)x100
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menjelaskan 4
keuntungan penggunaan peralatan TIK
|
|||||
2
|
Menjelaskan 4
keuntungan penggunaan produk TIK
|
|||||
3
|
Menyebutkan 4
keuntungan TIK di bidang pendidikan di masa depan
|
Kriteria
Penskoran :
Kriteria
|
Skor
|
Jika menunjukkan 4 atau lebih
|
4
|
Jika menunjukkan 3
|
3
|
Jika menunjukkan 2
|
2
|
Jika menunjukkan 1
|
1
|
Jika menunjukkan 0
|
0
|
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(6)
SMP :
SMP Negeri 3 PADANG
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal Perangkat Teknologi Informasi
dan Komunikasi
Dan Prospeknya Di Masa Mendatang
Kompetensi Dasar : 1.5
Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator : 1.5.1
Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan
1.5.2
Mengidentifikasi berbagai dampak negatif
dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk
yang dihasilkan
1.5.3
Mengidentifikasi dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi terhadap
pengembangan pendidikan masa depan.
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Memahami
dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
•
Menjelaskan
masalah-masalah yang ditimbulkan dan bagaimana menghindarinya
- Materi Pembelajaran
Dampak
teknologi informasi dan komunikasi
•
Dampak
negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
- Metode Pembelajaran
1.
Ceramah 3. Diskusi
2. Tanya Jawab 4. Demonstrasi
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
•
Menanyakan
kepada peserta didik tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan inti
· Peserta didik menyebutkan dampak
negatif penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
· Peserta didik menjelaskan
cybercrime dalam dunia maya
· Peserta didik menyebutkan kerugian
yang ditimbulkan oleh penyebaran virus komputer.
· Peserta didik menyebutkan kerugian
yang ditimbulkan oleh penyebaran pornografi,
perjudian dan penipuan lewat peralatan teknologi informasi dan komunikasi.
3.
Kegiatan Penutup
·
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
·
Menarik kesimpulan tentang dampak negatif
penggunaan teknologi informasi dan
komuniksi.\
- Sumber Belajar
Perangkat TIK, buku paket.
- Penilaian
1. Teknik : Tes
tertulis
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal uraian
1) Jelaskan 4 dampak negatif
penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
2) Jelaskan 4 dampak negatif
penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang
dihasilkan!
3) Jelaskan 4 dampak negatif
teknologi informasi dan komunikasi terhadap pengembangan pendidikan masa
depan !
Lembar
Uraian:
No
|
Instrumen
|
Skala skor
|
Nilai =
(Jumlah/10)x100
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menjelaskan 4
dampak negatif penggunaan peralatan
TIK dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2
|
Menjelaskan 4
dampak negatif penggunaan produk TIK dilihat dari produk yang dihasilkan
|
|||||
3
|
Menyebutkan
4 dampak negatifTIK thd pengembangan
pendidikan di masa depan
|
Kriteria
Penskoran :
Kriteria
|
Skor
|
Jika menunjukkan 4 atau lebih
|
4
|
Jika menunjukkan 3
|
3
|
Jika menunjukkan 2
|
2
|
Jika menunjukkan 1
|
1
|
Jika menunjukkan 0
|
0
|
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(7)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengaktifkan Komputer sesuai prosedur
Indikator : 2.1.1 Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk
mengaktifkan komputer
2.1.2
Melakukan proses “cold boot”
2.1.3
Melakukan proses “warm boot”
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Mengenal
tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer
•
Melakukan proses cold boot dan warm boot
- Materi Pembelajaran
Mulai bekerja
di komputer
•
Langkah-langkah
mengaktifkan komputer
•
Proses cold
boot dan warm boot
- Metode Pembelajaran
1.
Demonstrasi
2. Pengalaman
langsung
3.
Telaah pustaka
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
•
Menanyakan
kepada peserta didik tombol-tombol yang terdapat pada CPU dan monitor
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti
· Peserta didik mengaktifkan CPU dan
monitor
· Peserta
didik melakukan proses cold boot dan warm boot
3. Kegiatan Penutup
·
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
·
Menarik
kesimpulan tentang cara mengaktifkan komputer yang benar dan aman
- Sumber Belajar
· Perangkat TIK
· Buku paket dan literatur tambahan
· Multimedia
- Penilaian
1.
Teknik : Tes tertulis dan unjuk kerja
2.
Bentuk
Instrumen :
Uraian
3.
Soal
uraian
•
Tunjukkanlah
tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer !
•
Aktifkan komputer melalui proses “cooldboot”
!
•
Aktifkan komputer melalui proses “warmboot”
!
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(8)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 2.
Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer
Kompetensi Dasar : 2.2
Mematikan Komputer sesuai prosedur
Indikator : 2.2.1 Mematikan komputer dengan menggunakan fungsi perintah sesuai
dengan prosedur
2.2.2 Mematikan
komputer dengan menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Mengidentifikasi langkah-langkah untuk melakukan
proses shutdown
•
Mengenal
tombol-tombol untuk mematikan komputer
- Materi Pembelajaran
Mulai bekerja
di komputer
•
Langkah-langkah
proses shutdown
•
Mematikan komputer
- Metode Pembelajaran
1.
Demonstrasi
2.
Pengalaman langsung
3.
Telaah pustaka
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
•
Menanyakan
kepada peserta didik cara mematikan komputer
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan inti
· Peserta didik mengaktifkan
komputer.
· Peserta
didik mematikan komputer
3. Kegiatan
Penutup
·
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan.
·
Menarik
kesimpulan tentang cara mematikan komputer yang benar dan aman
- Sumber Belajar
1. Perangkat TIK
2. Buku paket dan literatur tambahan
3. Multimedia
- Penilaian
1. Teknik : Tes
tertulis dan unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal / Instrumen
• Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah!
•
Matikanlah komputer dengan
menggunakan fungsi tombol pada hardware !
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(9)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 2.
Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer
Kompetensi Dasar : 2.3 Melakukan operasi
dasar pada operating system
dengan sistematis
Indikator : 2.3.1 Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM).
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Memahami
apa yang dimaksud dengan sistem operasi
•
Mengetahui
fungsi dari sistem operasi
•
Mengenal
sistem operasi yang ada saat ini dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya
- Materi Pembelajaran
Mulai bekerja
di komputer
•
Menggunakan
sistem operasi Windows
•
pengertian
sistem operasi
•
berbagai
jenis sistem operasi
- Metode Pembelajaran
1.
Demonstrasi
2.
Pengalaman langsung
3. Telaah
pustaka
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Menanyakan kepada peserta didik apa yang
diketahui tentang sistem operasi
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti
· Peserta didik mengaktifkan
komputer
· Peserta
didik mengamati tampilan awal desktop windows
3. Kegiatan
Penutup
·
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
·
Menarik
kesimpulan tentang sistem operasi
- Sumber Belajar
·
Perangkat
TIK
·
Buku
paket dan literatur tambahan
·
Multimedia
- Penilaian
1. Teknik : Tes tertulis dan unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal
• Jelaskanlah 3 fungsi dari
sistem operasi !
• Jelaskanlah 3 kelebihan
windows dibandingkan dengan DOS !
•
Lembar uraian
No
|
Instrumen
|
Skala skor
|
Nilai =
(Jumlah/6)x100
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menjelaskan 3
fungsi sistem operasi
|
||||
2
|
Menjelaskan 3 kelebihan windows dibandingkan dengan DOS
|
Kriteria
Penskoran :
Kriteria
|
Skor
|
Jika menunjukkan 3 atau lebih
|
3
|
Jika menunjukkan 2
|
2
|
Jika menunjukkan 1
|
1
|
Jika menunjukkan 0
|
0
|
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(10)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 2.
Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer
Kompetensi Dasar : 2.3 Melakukan operasi
dasar pada operating system
dengan sistematis
Indikator : 2.3.1 Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM).
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Mengatur
screen saver
•
Mengatur
wallpaper
•
Membuat user account baru di windows
•
Mengatur waktu dan tanggal
- Materi Pembelajaran
Mulai bekerja
di komputer
•
Berbagai
pengaturan di windows
- Metode Pembelajaran
1.
Demonstrasi
2.
Pengalaman langsung
3.
Telaah pustaka
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Memperlihatkan kepada peserta didik
hasil pengaturan
• Menyampaikan
tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti
· Peserta didik mengaktifkan
komputer
· Peserta didik mengganti screen
saver, wallpaper, mengatur waktu dan tanggal
3. Kegiatan Penutup
·
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
·
Mematikan
komputer
- Sumber Belajar
·
Perangkat
TIK
·
Buku
paket dan literatur tambahan
·
Multimedia
- Penilaian
1. Teknik : Tes tertulis dan unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal / Instrumen
• Jelaskanlah perbedaan screen
saver dengan wallpaper !
• Urutkanlah langkah-langkah
mengganti screen saver dan wallpaper !
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(11)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /I
Standar Kompetensi : 2.
Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer
Kompetensi Dasar : 2.3 Melakukan operasi
dasar pada operating system
dengan sistematis
Indikator : 2.3.2 Menggunakan file
menager untuk mengelola file dan folder.
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Melakukan
manajemen file
•
Membedakan
file dan folder
•
Membuat
dan menghapus folder
- Materi Pembelajaran
Mulai bekerja
di komputer
•
Manajemen
file
- Metode Pembelajaran
1.
Demonstrasi
2.
Pengalaman langsung
3.
Telaah pustaka
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
•
Memperlihatkan
kepada peserta didik file dan folder
•
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti
· Peserta didik mengaktifkan
komputer
· Peserta didik menemukan file dan
folder pada desktop
· Peserta didik membuat dan
menghapus folder pada desktop
3. Kegiatan Penutup
·
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran
yang sudah dilakukan
·
Mematikan
komputer
- Sumber Belajar
·
Perangkat
TIK
·
Buku
paket dan literatur tambahan
·
Multimedia
- Penilaian
1. Teknik : Tes
tertulis dan unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal uraian
• Jelaskanlah perbedaan file dan
folder !
• Urutkanlah langkah-langkah
membuat folder pada desktop !
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(12)
SMP :
SMP Negeri 3 Padang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
VII /II
Standar Kompetensi : 3. Mempraktekkan
Keterampilan Dasar Komputer
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi
berbagai komponen perangkat keras komputer
Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi
perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
3.1.2
Mengidentifikasi
perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
3.1.3
Mengidentifikasi
perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
Alokasi waktu
: 2 x 40
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
•
Peserta
Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
•
Mengidentifikasi
perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
•
Mengidentifikasi
perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
- Materi Pembelajaran
1.
Perangkat
keras/hardwere (Alat Input, Alat Proses, Alat Output)
2.
Media
penyimpan data.
- Metode Pembelajaran
1.
Demonstrasi
2.
Pengalaman langsung
3.
Telaah pustaka
Pendekatan Model CTL dan life
skill
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Menanyakan
kepada peserta didik tentang berbagai perangkat keras komputer
·
Menjelaskan
tujuan pelajaran
2. Kegiatan inti
•
Mengamati
berbagai perangkat keras di komputer
•
Peserta
didik berdiskusi dengan teman sebelah
• Mencari informasi pada buku tentang
perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi
3.
Kegiatan Penutup
•
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
•
Mengambil kesimpulan tentang perangkat
keras komputer
Pertemuan kedua ( 2 x 40 menit)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Menanyakan
kepada peserta didik tentang media penyimpanan
·
Menjelaskan
tujuan pelajaran
2. Kegiatan
inti
•
Mengamati
berbagai perangkat keras di komputer
•
Peserta
didik berdiskusi dengan teman sebelah
• Mencari informasi pada buku tentang
berbagai macam media penyimpanan pada komputer
3. Kegiatan Penutup
•
Melakukan refleksi bersama terhadap
pembelajaran yang sudah dilakukan
•
Mengambil kesimpulan tentang media
penyimpanan
- Sumber Belajar
- Perangkat TIK
- Buku paket dan literatur tambahan
- Multimedia
- Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Uraian dan lembar observasi
3. Soal uraian
·
Tunjukkanlah 3 perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input !
• Tunjukkanlah 3 perangkat
komputer yang berfungsi sebagai alat output !
• Jelaskanlah fungsi CPU !
• Sebutkanlah 3 mcam media
penyimpanan !
Lembar uraian
No
|
Instrumen
|
Skala skor
|
Nilai =
(Jumlah/6)x100
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menunjukkan 3
perankat komputer yang berfungsi sebagai alat input
|
||||
2
|
Menunjukkan 3
perankat komputer yang berfungsi sebagai alat input
|
||||
3
|
Menyebutkan 3
media penyimpanan
|
Kriteria
Penskoran :
Kriteria
|
Skor
|
Jika menunjukkan 3 atau lebih
|
3
|
Jika menunjukkan 2
|
2
|
Jika menunjukkan 1
|
1
|
Jika menunjukkan 0
|
0
|
Mengetahui, Padang,
12 Juli 2010
Kepala SMP
Negeri 3 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs
Ali Arman, K. M.Pd Fakhrur Rozi, S.Kom
NIP 19560202 198002 1 003